Kegiatan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19

Ada suasana lain di dunia pendidikan Indonesia sejak terjadinya pandemi Covid-19 pada bulan Maret 2020.  Jalan raya yang penuh sesak di pagi hari oleh anak-anak sekolah baik yang diantar orang tua maupun mereka yang mengendarai sendiri sepeda motornya, tidak lagi tampak. Himbauan pemerintah untuk belajar dari rumah bekerja dari rumah dan beribadah di rumah memang membuat suasana baru. Suasana baru di rumah, suasana baru di sekolah, kampus maupun suasana di tempat ibadah.

Hal ini juga tak elak dirasakan oleh para sivitas akademika Poltekkes Malang Prodi D3 Keperawatan Ponorogo.  Kampus yang setiap harinya diramaikan oleh para mahasiswa yang sedang belajar di kelas, mahasiswa praktek di laboratorium, ruang perpustakaan yang selalu ramai  dikunjungi oleh mahasiswa juga para dosen yang selalu hangat menyambut mahasiswa yang konsultasi dan bimbingan. Sepi, itu semua tidak tampak.

Namun semua itu tidak seperti yang terlihat. Semua proses pembelajaran berjalan lancar, perkuliahan tetap berjalan , komunikasi dosen-mahasiswa tetap seperti biasa, karena semua dilakukan secara daring (online). Jauh hari sebelum pandemi melanda bumi pertiwi, Poltekkes Malang Prodi D3 Keperawatan Ponorogo telah difasilitasi dengan Aplikasi/layanan online untuk proses belajar mengajar, hal ini juga membuktikan kesiapan Prodi Ponorogo dalam mengahadapi Era Industri 4.0, era Digital dan era IOT.

Prodi Ponorogo telah mengimplementasikan pembelajaran virtual (e-learning) menggunakan tool V-lep dari Kementerian Kesehatan RI. Selain itu Prodi Ponorogo juga sudah difasilitasi dengan Google Suite dan Zoom premium ( berbayar) oleh Kampus Pusat. Semua fasilitas ini guna menjamin kegiatan baik administrasi maupun kegiatan pembelajaran tetap berjalan walaupun pandemi Covid-19 tak kunjung selesai.

Salam Sehat, semangat para Mahasiswa, Dosen dan Tendik. Jangan lupa disiplin memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *